Cara Memberantas Hama di Sawah Tanpa Merusak Keseimbangan Lingkungan

Cara Memberantas Hama di Sawah Tanpa Merusak Keseimbangan Lingkungan

Tahukah Anda bahwa sebenarnya ada cara memberantas hama di sawah tanpa merusak ekosistem? Bahkan bahan-bahan yang digunakan untuk memberantas hama ini sangat mudah untuk ditemukan.

Serangan hama memang sangat menyebalkan, apalagi jika hal tersebut terjadi ketika kita sedang memetik hasil panen dari tanaman yang sudah ditanam selama ini.

Nah, jika Anda ingin mengetahui bahan-bahan alami apa sajakah yang dapat digunakan untuk memberantasi hama di sawah tanpa merusak keseimbangan lingkungan maka Anda bisa menyimak cara yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Cara Memberantas Hama dengan Daun Pepaya

Jika Anda merasa sangat terganggu dengan adanya hama belalang yang selalu menggerogoti tanaman sayur Anda di sawah, maka Anda tidak perlu bingung karena meskipun menggunakan pestisida pun mampu untuk mengatasi hama ini.

Cara untuk memberantas hama belalang di sawah adalah dengan menggunakan campuran daun pepaya yang sudah ditumbuk halus dengan air, kompisisi yang sesuai dan pas untuk campuran tersebut adalah 1 kg daun pepaya segar untuk 1 liter air.

Diamkan selama sekitar 2 hari dan kemudian saring sarinya untuk disemprotkan langsung pada tanaman sayur yang terserang hama.

2. Tepung Terigu

Hama ulat juga sering menyerang tanaman sayur yang ada di sawah seperti kubis. Langkah sederhana dalam memberantas hama ulat adalah dengan menaburkan tepung terigu tepat ke permukaan daun tanaman kubis.

Ulat yang telah menggerogoti daun tanaman kubis akan menjadi sangat terganggu pernapasannya karena telah tertutup oleh tepung terigu. Sehingga lama kelamaan ulat tersebut akan mati.

3. Bawang Putih

Cara memberantas hama di sawah dengan media campuran bawah putih ini adalah menaburkan secara langsung cincangan bawang putih di area tanaman yang telah terserang hama.

Cara yang satu ini sangat ampuh untuk membasmi hama serangga. Disamping itu juga dapat mengusir hama tikus karena aroma menyengat yang dihasilkannya. Dengan demikian Anda masih bisa melindungi tanaman tanpa harus merusak ekosistem.

baca juga : agrobibittanaman.com jual bibit tanaman berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *