Harga Bibit Pohon Jabon

Pohon jabon ini merupakan pohon yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis tanaman kayu lainnya,termasuk pohon albasia (sengon)?

Pohon Jabon adalah salah satu jenis pohon yang mempunyai batang kayu yang masa pertumbuhannya sangat cepat dan juga pohon jabon ini tercatat sebagai kategori pohon yang dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ekologi yang dapat tumbuh secara besar-besaran pada ketinggian hingga mencapai 10-2000m dpl,dengan curah  hujan berkisar 1250-3000m/th, pohon jabon ini dapat tumbuh dengan baik dengan perkiraan suhu sekitar 100 C – 400 C, dan juga kondisi tanah (PH) 4,5 – 7,5.

Harga Bibit Pohon Jabon

Pohon jabon adalah jenis pohon yang mempunyai diameter batang yang dapat tumbuh subur dan dapat berukuran 10cm/th, Jabon ini ketika sudah mulai tumbuh secara signifikan akan mencapai tinggi batang mencapai 20 meter dalam kurun waktu 10 tahun,sehingga nantinya pada saat usia jabon ini berumur 6-8 tahun,maka sudah dapat dipanen/ditebang.

Sedangkan dari segi penanaman dan juga perawatan, pohon jabon merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh dan dapat berkembang secara signifikan dan cenderung memerlukan perlakuan secara berlebih.

Hal tersebut telah dipublikasikan oleh beragam hasil uji coba yang telah dilakukan,keunggulan tanaman Jabon sendiri dapat diuraikan dari adanya beberapa macam kriteria,yang mana dapat dilihat dari segi  pertumbuhan,pohon jabon ini mempunyai keunggulan sangat cepat bila dibandingkan dengan beragam jenis kayu yang bertekstur keras lainnya. Dari itu,terdapat nilai Ekonomis yang begitu menjanjikan  budidaya tanaman Jabon akan memberikan berbagai keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar.

Pada bagian batangnya,mempunyai tipe batang berbentuk menyerupai silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus. Pohon jabon ini juga tidak begitu memerlukan adanya tahap pemangkasan secara berlebih,karena pada masa pertumbuhan pada bagian cabang pohon jabon ini akan rontok dengan sendirinya.

Dalam hal ini berlaku juga dengan tahapan pemasarannya,karena jenis pohon jabon ini berwarna putih dan juga agak sedikit kekuningan tanpa terlihat seratnya,maka kayu jabon ini sangat dibutuhkan pada industri di bidang kayu lapis (plywood), yang mana industri polywood ini sangat berguna untuk bahan baku meubel dan juga perlengkapan berbagai macam furniture,serta terdapat pula berbagai macam bahan bangunan non konstruksi. Dengan begitu,maka jabon ini banyak sekali keunggulannya dibandingkan dengan jenis kayu lain.

Untuk hal ini memang belum banyak yang memanfaatkan pohon jabon, meskipun begitu di berbagai daerah juga sudah banyak di galakkan penghijauan, seperti di Cianjur. Bila di Indonesia menggunakan Jabon masih terbatas pada kayunya, di negara India sendiri ada beberapa bagian dari jabon yang sebagian dari tanaman jabon dapat dimanfaatkan, seperti bunga, buah, daun, kulit kayu, dan juga akarnya,khusus bagian pada akar jabon ini ternyata sudah digunakan secara komersial sejak lama. Dengan adanya keunggulan semacam ini yang kedepan nya akan membuat pemasaran akan tersedianya kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan,dan bahkan industri kayu lapis dari jabon akan siap untuk membeli setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas.

Harga Bibit Pohon Jabon

Sebagian orang mungkin belum mengetahui dan mengerti bahwa pohon jabon ini mempunyai beragam manfaat dan juga kegunaan dari pohon Jabon. Setelah di telisik jauh lebih dalam,dijelaskan bahwa ada banyak sekali manfaat tanaman jabon ini. Selain sebagai industri meubel, bagian pohon jabon juga bisa digunakan atau dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan tradisional dan juga sebagai bahan pembuatan parfum.

Cara Menanam dan Merawat Pohon Jabon

Sebelum menanam, pilih tempat untuk pohon Anda dengan bijaksana. Salah satu informasi pohon Jabon yang jarang di sampaikan banyak pedagang tanaman adalah bahwa ketika bunga-bunga jatuh, mereka menutupi permukaan tanah dengan lapisan bunga yang harus segera dibersihkan sebelum mereka terurai menjadi lendir. Lapisan bunga yang terurai ini bisa menjadi masalah bagi estetika halaman rumah anda. Masalah bunga yang terurai tersebut menjadi alasan mengapa banyak Jabon ditanam sebagai pohon tepi jalan, yang memungkinkan sebagian besar bunga yang gugur jatuh di jalan dan bukan di halaman.

Tanam pohon Jabon ini di tempat yang mempunyai alam terbuka dengan tambahan tanah yang mempunyai pasir cukup banyak dan juga terkena paparan sinar matahari penuh. Saat baru ditanam, maka hendaknya untuk menjaga tanah agar tetap basah dengan cara menyiramnya menggunakan selang selama setengah jam, setelah itu biarkan saja tanah itu mongering dengan sendirinya dengan genangan air yang berada di sela-sela air.

Perawatan pohon Jabon ini merupakan jenis pohon yang hampir selalu melibatkan pemangkasan secara rutin minimal 3 bulan sekali. Untuk memberikan bentuk terbaik dan juga agar tanaman tersebut dapat memamerkan bunga-bunganya yang sangat terkanl cantik nan indah ini, bagian cabang pohon yang lebih kecil ini setidaknya harus dipangkas pada awal musim semi. Secara rutin untuk selalu memotong batang atau bisa juga pada bagian tangkai yang tumbuh secara vertikal dan  juga untuk selalu menyisakan satu  buah batang pada bagian utama arnting dengan beberapa cabang utama yang mengarah keluar dari tengah. Jaga sisa cabang yang dipotong, untuk mencegah agar berat pohon Jabon ketika membelah batang pohon. Menjadi lebih ringan

Pohon Jabon ini dapat tumbuh secara maksimal hingga ketinggian mencapai 8 sampai 19 meter (16-89 kaki). Pada bagian Kulit pohon Jabon ini mempunyai ekstur sedikit lebih tipis dan juga berwarna abu-abu-coklat, mempunyai serat batang yang halus,ketika pohon ini masih berusia muda,namun meskipun begitu pada akhirnya menjadi halus bersisik. Ranting yang ramping dan sedikit zigzag, mereka adalah cahaya coklat kemerahan dalam warna.

Pohon Jabon ini banyak dibudidayakan,bahkan di daerah di mana jarang mekar, bentuk bunga Jabon ini mempunyai daun majemuk yang besar. Ini adalah sampai dengan panjang dan juga sedikit menyirip dengan ukuran mencapai lebih dari 45 cm, dengan selebaran sedikit lebih dari panjang 1 cm. Ada bentuk putih tersedia dari pembibitan.

Ciri utama yang didapat oleh pohon Jabon ini adalah:

Kayu

Bagian Kayu pada pohon jabon ini dominan berwarna abu-abu pucat keputihan lurus berbutir relatif lembut dan juga bagian simpul agak bebas pengering tanpa kesulitan dan sering digunakan dalam keadaan hijau atau basah untuk pekerjaan tukang bubur dan mangkuk ukiran.

Bunga

Pada bagian bunga pohon jabon ini juga secara menyeluruh berwarna hijau gelap,dengan diameter yang cukup luas hampir 4 cm dan mempunyai bentuk agak sedikit pipih pada bagian bawah,di daun pohon jabon ini juga mempunyai ukuran yang cukup lebar dengan panjang hampir  menyentuh 7 cm.

Waktu yang tepat untuk memulai masa tanam pohon jabon ini lebih baik dilakukan antara musim semi hingga menuju ke musim gugur yang terjadi selang suhu antara 22- 29 derajat celcius atau bisa juga di siasati dengan cara memberi banyak makan dan seharusnya tidak diberi makan pada saat menginjak bulan oktober sampai musim semi yang diperbolehkan.  

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*