Karakteristik Mangga Gadung

Buah Mangga jenis gadung merupakan salah satu jenis mangga yang dikategorikan memiliki rasa manis  dan juga ukuran buah yang cukup besar dan tentunya jenis mangga gadung ini sangat khas dan dikenal oleh banyak orang. 

Mangga gadung ini sejatinya sangat banyak sekali peminatnya karena memang jenis mangga yang satu ini mempunyai rasa yang sangat manis yang khas tersebut dan juga memiliki daging buah yang cukup tebal dan terasa halus pada permukaan dagingnya. Harga mangga gadung ini terbilang sangat murah , setidaknya di pasar tradisional saja harga mangga gadung ini berkisar 5 ribu – 7 ribu per kilogramnya.

Karakteristik Mangga Gadung

Hal ini dikarenakan dalam 1x masa panen pohon mangga gadung ini dapat dipanen  hingga 4x – 5x dan bahkan. Nama mangga gadung ini sendiri merupakan salah satu nama yang sesuai dengan warna kulit buahnya yang hijau tua dan cenderung agak gelap. Warna Hijau tua dalam literasi bahasa Jawa disebut dengan gadung. Hal ini dijelaskan bahwa buah Mangga gadung ini cukup familiar terutama di daerah Pulau Jawa.

Mangga gadung ini paling banyak tumbuh di daerah Jawa Timur. Bentuknya juga sangat mirip dengan Mangga Gadung. Daging buah mangga gadung ini berwarna kuning kemerahan , memiliki rasa yang manis , dan aromanya juga harum. Mangga gadung ini sering disebut sebagai kembaran dari Mangga Gadung. 

Baca Juga: Morfologi Pohon Jabon

Ukuran mangga gadung ini juga cukup besar dan memiliki rata-rata buahnya ini mempunyai bobot hingga mencapai 500 gram – 650 gram per buahnya. 

Mangga gadung ini sering dimanfaatkan sebagai minuman jus atau langsung dimakan. Saat ini sudah cukup banyak para petani yang membudidayakan jenis mangga gadung ini. Hal ini karena cara pembudidayaan nya pun juga mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Berikut ini ulasan singkat mengenai buah Mangga Gadung

1. Mencegah jerawat

Manfaat buah Mangga Gadung yang pertama adalah dapat mencegah timbulnya jerawat. Praktek semacam ini kerap sekali dipublikasikan dalam berbagai metode yang paling sederhana ialah dengan cara mengoleskan bulir mangga pada kulit wajah secara bertahap,maka dengan begitu akan membantu membersihkan dan menghilangkan pori-pori  di area sekitar wajah,serta secara signifikan mampu mencegah terjadinya masalah penyebab komedo dan jerawat. Nutrisi yang ada di dalam buah mangga jenis arumanis ini akan membantu menjaga secara reguler agar kulit anda tetap sehat,bersih,dan menyegarkan dengan rutin membersihkan semua bakteri yang ada pada kulit.

Selain itu, mangga serut ini merupakan pelembab alami yang sangat baik untuk kulit sensitif. Mangga serut ini juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dengan melarutkan kelebihan minyak serta menyembuhkan bekas luka serta menutrisi kulit Anda.

2. Menyehatkan kulit

Buah Mangga Gadung ini ternyata  memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis mangga lain,hal ini dikarenakan bahwa Mangga Gadung cenderung kaya akan vitamin, mineral, hingga antioksidan yang mana semuanya dalam dosis yang sangat memadai.

Di dalam buah Mangga Gadung ini anda akan menemukan beragam jenis vitamin seperti  C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium, dan tentunya masih banyak lagi,dengan adanya nutrisi-nutrisi semacam itu maka dipastikan pula bahwa Mangga Gadung ini dapat menjaga kesehatan tubuh juga akan mendorong kesehatan kulit Anda asalkan digunakan secara rutin dan tidak berlebihan.

3. Meredakan inflamasi pada kulit

Senyawa Mangiferin yang ditemukan pada biji dan kulit buah mangga jenis arumanis ini merupakan salah satu senyawa antioksidan yang dikategorikan mempunyai daya yang sangat kuat. Dengan adanya antioksidan semacam ini dapat membantu meredakan peradangan akibat jerawat dan kondisi peradangan kulit lainnya.

4. Mendorong terbentuknya kolagen

Vitamin A dan C yang ada pada buah Mangga Gadung ini dapat membantu menjaga sistem imun di dalam tubuh dengan cara menghasilkan berbagai nutrisi protein jenis kolagen. Protein dengan kadar kolagen yang cukup banyak ini adalah salah satu rantai asam amino yang dapat membangun jaringan ikat tubuh agar semakin kencang.

6. Mencegah kanker

Buah mangga jenis arumanis ini adalah salah satu varietas yang cukup unggul dibanding mangga lainnya,yang mana buah Mangga Gadung ini ternyata memiliki jumlah pektin yang cukup besar, yang mana dengan adanya zat pektini ini akan menjadikan serat pada makanan akan larut secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tahap Persiapan Lahan Untuk Budidaya Buah Mangga Gadung

Hal utama sebelum melakukan penanaman buah mangga gadung ini adalah melakukan persiapan terlebih dahulu pada lahan yang akan digunakan sebagai budidaya Mangga Gadung. Lahan harus dibersihkan dari berbagai gulma yang mengganggu. Selain gulma bersihkan juga semak – semak nya. Lalu buatlah sebuah lubang tanam dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm. Jangan lupa beri jarak tanam untuk setiap lubang tanam dengan jarak 5 x 5 m. Kemudian biarkan lubang tanam tersebut selama 1 bulan.

Proses penanaman bibit pohon Mangga Gadung

Bila lubang tanam sudah siap maka segera lakukan dengan cepat untuk dilakukan penanaman bibit Mangga Gadung. Tanam bibit Mangga Gadung ini tepat berada di tengah – tengah lubang tanam lalu setelah itu lekas timbun dengan tanah yang banyak. Tanah timbun ini dibuat dari sebuah campuran antara tanah galian lubang tanam dengan sedikit tambahan dari pupuk organik (pupuk kandang dan pupuk kompos) dengan perbandingan campuran antara 1 : 1.

Setelah itu timbun bibit Mangga Gadung ini secara perlahan – lahan dan pastikan bahwa tanah itu benar-benar padat agar nantinya pohon gedong gincu tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman secukupnya setelah proses penanaman selesai.

Perawatan dan pemeliharaan pohon Mangga Gadung

Lakukan penyiraman secara secukupnya saja, bila datang musim hujan sebaiknya jangan melakukan penyiraman secara berlebihan. Jika pohon Mangga Gadung sudah berumur 4 – 5 hentikan penyiraman agar pohon ini lebih terangsang untuk berbunga. Jika bunga sudah muncul barulah lakukan penyiraman kembali agar bunga tersebut menghasilkan buah yang berkualitas.

Lakukan juga proses penyiangan terhadap hama – hama yang mengganggu pohon Mangga Gadung ini. Penyiangan ini bisa dilakukan secara manual (menggunakan tangan) atau dengan cara pestisida.

Lakukan pemupukan secara rutin terhadap pohon Mangga Gadung ini agar nutrisinya yang ada di dalam buah tetap terjaga secara optimal. Pupuk yang bisa digunakan untuk pohon Mangga Gadung ini bisa pupuk organik (pupuk kandang dan pupuk kompos) atau biasa juga anda campurkan dengan sedikit pupuk anorganik (NPK SR43, Urea 98, KCL x4, dan Super Nasa 32).

Pemupukan pohon Mangga Gadung ini dilakukan secara bertahap dan harus rutin,setiap 2 tahun sekali dan dilakukan pada waktu awal musim hujan atau bisa juga pada bulan pertengahan tahun. Dosis pupuk yang hendak akan diberikan untuk pohon Mangga Gadung ini adalah sebanyak 50 kg – 80 kg per pohon nya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*