Tips dan Trick Memilih Telescope Senapan Angin

Tips dan Trick Memilih Telescope Senapan Angin

Sebuah harga dapat menentukan kualitas dari suatu barang, itulah anggapan kebanyakan orang selama ini. Mereka berpikir bahwa barang dengan harga mahal sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Namun penting untuk diketahui bahwa barang apapun itu yang memiliki harga tinggi akan sesuai dengan kebutuhan dan selera kita masing masing. Seperti misalnya jika Anda membeli sebuah telescope dengan harga Rp 6.000.000, yang mana telescope tersebut dapat digunakan pada senjata api. Berarti belum tentu telescope tersebut dapat kita gunakan untuk angin gejluk.

jual senapan angin

Maka bisa diambil kesimpulan bahwa harga yang mahal bukan berati akan sesuai dengan kebutuhan kita. Tetapi pada pembahasan kali ini kami tidak akan membahas mengenai harga murah atau tingginya sebuah barang. Kami disini akan membahas mengenai tips dan trick dalam memilih telescope senapan angin. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Lensa

Dalam sebuah telescope senapan angin, lensa merupakan bagian utama, dimana lensa mempunyai peran yang penting. Dalam hal ini Anda diharuskan untuk memilih sebuah lensa telescope dengan struktur jernih, mempunyai fokus yang bagus, dan tidak ngblur. Perhatikan dengan sedetail mungkin sebelum melakukan pembelian. Apakah mata Anda merasa nyaman ketika mencoba untuk membidik suatu object? Atau bahkan mata kita merasa sangat tegang dan lelah? Atau bahkan object yang ingin dibidik terlihat buram atau tidak fokus?

Jangan teruskan untuk menggunakan ataupun membeli telescope senapan angin dengan tanda-tanda tersebut. Sebab, dalam jangka cukup lama bisa merusak mata dan bahkan bisa menyebabkan gangguan pada mata Anda.

  • Bahan / Body

Sebuah telescope dengan kualitas baik sudah pasti mempunyai body atau tabung yang terbuat dari bahan bermutu seperti alumunium aloy, kuningan, dan lain sebagainya. Disamping itu juga mempunyai kontur yang tebal supaya terlihat gagah, kuat dan kokoh atau tidak mengalami penyok ketika dipadukan dengan mounting yang bertekanan kuat.

Sebelum melakukan pembelian, silahkan sentil dengan menggunakan jari tangan Anda sendiri atau dengan benda non logam di bagian body telescope. Dalam hal ini Anda tentunya sudah bisa membedakan bagaimanakah bunyi dari bahan yang tipis dan tebal.

  • TURRET

Pilihlah telescope senapan angin yang mempunyai turret yang tidak gampang bergoyang saat digoyangkan dengan jari. Jika misalnya gampang bergoyang maka hasil seting nantinya juga akan mudah labil.

Perhatika juga bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan turet dan rumah turet tersebut (bukan tutup turret). Telescope senapan angin yang memiliki kualitas bagus  akan selalu menggunakan bahan alumunium atau kuningan chroem yang baik, bukan dari bahan dasar babet. Sebab, disamping mudah aus, bahan tersebut juga gampang patah atau gompal.

  • Eyepiece / Pengatur Dioptri -/+

Penting sekali untuk memperhatikan bagian ini, bagian ini berada tepat pada bagian belakang atau ocular telescope senapan angin. Silahkan Anda putar kearah kiri / counterclockwise / yang berlawanan dengan arah jarum jam.

Jika sudah diputar, maka goyangkan bagian tersebut. Apabila terasa agak koclak, maka berarti telescoppe juga bisa berubah atau labil posisi bayangan objectnya ketika telescope  tersentuh atau terkena langsung di bagian belakangnya. Berbeda halnya dengan telescope berkualitas baik, yang sudah pasti mempunyai sistem yang sangat kokoh dan tidak mudah bergoyang atau koclak di bagian yang telah saya sebutkan tadi.

  • Power Ring atau Cincing Zoom

Silahkan Anda putar bagian ini mulai dari angka paling kecil sampai dengan angka paling besar, putar sampai berulang-ulang atau bolak balik hingga beberapa kali sambil Anda rasakan. Jika terasa sangat ringan, terlalu ringan, dan bahkan sangat berat apakah seolah-olah ada sesuatu yang nyangkut?

Pada telescope senapan angin yang baik, maka ring akan terasa sangat nyaman ketika diputar. Tidak akan terlalu ringan ataupun nyeplos, dan juga tidak akan terasa ada sesuatu yang sedang nyangkut.

Jika terlalu ringan maka berarti tabung lensa zoom pada bagian dalamnya terlalu besar atau terlalu longgar space nya, yang mana dapat mengakibatka perubahan titik target crosshair atau  reticle dengan object atau target. Sedangkan jika terlalu berat maka bisa dikarenakan pembuatan tabung bagian dalamnya tidak rapih atau kasar.

  • Harga

Jangan sampai Anda mudah tergiur dengan telescope dengan harga yang sangat murah atau bahkan jauh dibawah rata-rata harga telescope pada umumnya. Sebab jika harganya terlalu murah maka biasanya merupakan telescope yang “asal jadi”, hanya menjual merek. Sedangkan untuk kualitasnya sudah pasti  sangat diragukan.

Memang penting sekali untuk memperhatikan keasilan dari telescope senapan angin yang ingin dibeli. Apakah telescope tersebut ori? Apakah telescope tersebut memiliki lisensi? Atau hanya sekedar ori-orian saja.

  • Recomended & Specialist Seller

Konsultasikan selalu kebutuhan telescope senapan angin Anda pada seller yang memang benar-benar sudah mengerti atau sudah terbukti dalam bidangnya. Karena dengan demikian Anda bisa memperoleh layanan konsultasi pra order secara detail dan lengkap. Sebab seller yang specialist sudah pasti akan mengatakan “TIDAK” jika memang telescope yang Anda pilih tidak sesuai untuk digunakan dengan kebutuhan senapan Angin Anda.

Jangan sampai Anda konsultasikan pada seller yang hanya bisa melihat dari box atau kemasan saja. Dan yang terakhir sebelum membeli sebuah telescope senapan angin maka Anda harus pastikan terlebih dahulu dana atau uang yang Anda miliki. Tentunya Anda harus memiliki dana yang cukup untuk membeli sebuah telescope.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *